Dalam 
komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan 
fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix). Bauran 
pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang 
bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling 
menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin 
berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price. Namun 
juga mengenai place, people, process, dan physical evidence. Saya kurang
 paham siapa yang duluan menegemukakan konsep 7P ni, tapi yang jelas, 
sangat berguna bagi penerapan konsep ini dalam komunikasi pemasaran.
Dalam 
komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud 
dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran 
(marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya 
adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dan ada 
pula strategi-strategi komunikasi pemasaran tertentu, seperti strategi 
segmenting, targeting, pricing,dan positioning, dalam bauran pemasaran. 
Semua itu kembali pada kondisi perusahaan jasa yang melaksanakannya. 
Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau 
elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam 
pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product,
 price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.
a. Product (The Services)
Produk
 jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan
 konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak 
membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang 
ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang
 didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
b. Price
Penetapan
 harga merupakan suatu hal penting . Perusahaan akan melakukan hal ini 
dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi
 pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi
 dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, 
dan pelayanan, serta persaingan.
c. Place
Tempat
 atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi 
perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga 
menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. 
Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing 
biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan 
membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar 
berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri 
bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan 
yang memberikan kenyamanan.
d. Promotion
Promosi
 merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan
 teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat 
mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang 
ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui 
pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara 
lain :
•Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
•Mengkomunikasikan produk baru
•Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
•Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
•Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
•Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.
e. People
People
 merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang 
merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen 
terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan 
loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi 
kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di 
luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan 
motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan 
terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude 
sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti 
penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, 
dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan 
penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang 
diekspetasikan.
f. Process
Process,
 mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada
 konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu
 sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh 
operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan 
prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, 
berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
g. Physical Evidence
Building
 merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi 
persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa 
yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan 
bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi 
perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus
 dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga 
memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah
 bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan 
kelas market khusus.
 
No comments:
Post a Comment