Thursday, December 10, 2015

KOREA SELATAN

Republik Korea atau biasa dikenal sebagai Korea Selatan atau Korsel adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Republik Korea berbataskan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang berada di seberang Laut Jepang (disebut "Laut Timur" oleh orang-orang Korea) dan Selat Korea berada di bagian tenggara. Negara ini dikenal dengan nama Hanguk oleh penduduk Korea Selatan dan disebut Namchosŏn di Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul.

Korea Selatan terdiri dari 1 kota khusus (Teukbyeolsi) 6 Kota Metropolitan (Gwangyeoksi), dan 9 Provinsi (do).


Pembagian administratif Korea Selatan.

Kota Istimewa
·         Kota Istimewa/Khusus Seoul (Seoul Teukbyeolsi)

Kota Metropolitan
·         Kota Metropolitan Busan (Busan Gwangyeoksi)
·         Kota Metropolitan Daegu (Daegu Gwangyeoksi)
·         Kota Metropolitan Incheon (Incheon Gwangyeoksi)
·         Kota Metropolitan Gwangju (Gwangju Gwangyeoksi)
·         Kota Metropolitan Daejeon (Daejeon Gwangyeoksi)
·         Kota Metropolitan Ulsan (Ulsan Gwangyeoksi)

Provinsi
·         Provinsi Gyeonggi (Gyeonggi-do)
·         Provinsi Gangwon (Gangwon-do)
·         Provinsi Chungcheong Utara (Chungcheongbuk-do)
·         Provinsi Chungcheong Selatan (Chungcheongnam-do)
·         Provinsi Jeolla Utara (Jeollabuk-do)
·         Provinsi Jeolla Selatan (Jeollanam-do)
·         Provinsi Gyeongsang Utara (Gyeongsangbuk-do)
·         Provinsi Gyeongsang Selatan (Gyeongsangnam-do)
·         Provinsi Jeju (Jeju-do)

Transportasi di Korea Selatan terdiri dari kereta api, bus, kapal ferry dan penerbangan udara. Jalur kereta api terdiri dari subway yang berada di enam kota: SeoulBusanDaeguGwangjuDaejon dan Incheon. Operator kereta api Korail menyediakan pelayanan kereta api hampir keseluruh kota besar di Korea Selatan.

Korea Selatan memiliki 103 bandar udara dengan Bandar Udara Internasional Incheon sebagai bandar terbesar. Bandar udara Incheon pernah dinobatkan sebagai bandar udara terbaik di dunia oleh Airport Council International. Bandar udara internasional lainnya yang terdapat di Korea Selatan antara lain berada di GimpoBusan dan Jeju.

Korea Selatan dan Korea Utara memiliki kebudayaan yang sama, namun sejak Pembagian Korea pada tahun 1945, masing - masing negara mengembangkan bentuk kebudayaan kontemporer yang berlainan bentuk. Secara historis, kebudayaan Korea dipengaruhi oleh RRT, namun Korea mampu mengembangkan identitas budaya yang unik dan berbeda. Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan aktif dalam mendorong budaya tradisional dalam bentuk modern lewat pembiayaan dan program - program edukasi.

Hingga tahun 1990-an, trot dan ballad adalah musik populer yang mendominasi Korea Selatan. Bergabungnya grup rap Seo Taiji and Boys pada 1992 menandai perubahan besar dalam dunia musik Korea Selatan yang dikenal dengan istilah K-Pop, grup ini mencampurkan elemen genre musik populer seperti rap, rock, dan techno ke dalam musik mereka.

Sejak kesuksesan film Shiri pada tahun 1999, Film Korea mulai mendapatkan apresiasi secara internasional. Film lokal mulai mendominasi pasar terutama sejak pemberlakuan kuota yang mewajibkan bioskop untuk menampilkan film-film Korea paling sedikit 73 hari dalam satu tahun.


No comments:

Post a Comment